Friday, July 12, 2013

Penutup : Tips Liburan ke Korea Selatan


1.       Penginapan
Banyak situs yang bisa digunakan untuk booking penginapan murah di korea selatan. Kalau mau booking tanpa bayar bisa ke situs booking.com kalau mau bayar DP dulu, bisa kunjungi hostelworld sengan booking fee  $2 , kalau mau langsung lunas, bisa langsung ke agoda.  Yang paling penting dalam memilih hostel adalah : cari hostel yang lokasinya berdekatan dengan stasiun subway. That’s it! Selain gampang dicari, akses menuju tempat wisata dan ke airport akan menjadi lebih mudah.  
sangat strategis!

2.       Transportasi
Transportasi public di korea sangat mudah untuk digunakan. Hanya butuh T money card untuk menggunakan subway, limousine bus dan bus. Untuk menggunakan ITX, T money card tidak berlaku. Kita harus membeli tiket di mesin yang terdapat di statiun ITX. T money card bisa dibeli di minimarket manapun dikorea (Seven Eleven, G25, dll). Untuk reload kartu, bisa dilakukan di stasiun subway manapun.
Di Jeju, transportasi umum yang digunakan adalah Bus. Untuk menghemat waktu, lebih baik menyewa taksi seharian (8-9 jam) harga sewa taksi sehari adalah 130.000 won, setengah hari : 80.000 won.
T Money Card

3.       Uang
Tidak semua atm di korea compatible dengan kartu atm yang kita gunakan diindonesia walaupun sudah tertera lambang visa dan mastercard di atm tersebut. Untuk pemegang  atm standard chartered dan Citibank , tidak perlu khawatir karena banyak atm standard chartered dan citybank di korea. Kartu atm mandiri, hanya bisa digunakan di atm bank shinhan dan kartu atm bank BNI saya belum menemukan atm bank yang bisa digunakan dikorea.
Sebaiknya tukarkan sejumlah won sebelum berangkat ke korea, sisanya bisa diambil via atm dimana nilai tukarnya lebih murah dibandingkan nilai tukar di money changer. Ingat, kartu atm mandiri hanya kompatibel dengan atm milik shinhan bank.

4.       Makanan
Makanan korea memiliki cita rasa yang sedikit hambar dibandingkan makanan Indonesia, jadi bawalah saos, kecap, maupun abon cabe untuk membuat makanan di korea sesuai dengan lidah kita. Bawa saja kering teri atau kering tempe sebagai cadangan lauk makan. Kalau malas makan di restoran korea, beli saja nasi instan di minimarket terus masak dihostel menggunakan microwave, lauknya? Kering tempe atau teri yang kita bawa dari Indonesia :D.
Bagi muslim, Jika ingin mencoba Mie Instan ala Korea,carilah mie instan vegetarian dengan label : no meat.

yang warna hijau

nasi instan
5.       Toilet
Toilet di korea pada umumnya tidak memiliki selang air untuk cebok, jadi sedia selalu botol air putih atau tissue basah. Ada beberapa toilet di tempat umum yang dilengkapi tombol tombol canggih. Untuk memilihnya, biasanya ada gambar tipe toilet di pintu.
toilet canggih

6.       Bahasa

Jika tersesat, bertanyalah pada warga korea yang berusia sekitar 20-35 tahun. Karena mereka
 lumayan fasih berbahasa korea.

3 comments:

  1. Selamat siang Mba Nurul!

    Saya Levina mahasiswi Hubungan Internasional Unpar Bandung..
    Saya membutuhkan bantuan mba untuk mengisi kuesioner untuk skripsi saya dengan topik "promosi pariwisata Korea Selatan oleh traveler" Boleh minta alamat email mba mungkin ?

    Terimakasih mba.. Mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  2. mantap tipsnya...terima kasih uda sharing...
    btw, ada yg masih pake kartu nama dr kertas? ayo ganti dgn kartu nama online, taruh/embed kartu nama di blog/website dgn mudah, buat dan bertukar kartu nama di berkenalan.com: https://berkenalan.com

    ReplyDelete